Jumat, 09 Maret 2012

Evolusi

   Evolusi pada dasarnya berarti proses perubahan dalam jangka waktu tertentu. dalam konteks biologi modern, evolusi berarti perubahan frekuensi gen dalam suatu populasi. akumulasi perubahan gen ini menyebabkan terjadinya perubahan pada mahluk hidup.
   Carolus Linnaeus, penggagasan sistem klasifikasi biologi modern, menunjukan bahwa seluruh dunia kehidupan dapat diatur dalam hierarki. jika digambarkan dalam bentuk diagram, menyerupai silsilah, setelah Linnaeus, para naturalis sering menganggap bahwa makhluk hidup saling' berkerabat' tetapi mereka belum tahu apa penyebabnya.
Jean Baptisde de Lamarck, seorang naturalis dari perancis adalah ilmuwan pertama yang mengajukan ide terjadinya perubahan terhadap makhluk hidup seiring dengan waktu sebagai akibat dari pengaruh lingkungan.
Evolusi tidaklah sebagaimana yang disangka banyak orang bahwa manusia berevolusi dari kera, evolusi menjelaskan sejarah makhluk hidup, hewan, tumbuhan, fungsi, dan mikroba. bukti pendukungnya amat banyak dan berasal dari berbagai cabang biologi, yaitu hierarki taksonomi sebagaimana ditemukan linnaeus dan para penerusnya, fosil-fosil yang menunjukan bahwa kehidupan dimasa lalu berbeda bentuknya dengan kehidupan masa sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar