Senin, 28 Januari 2013

Tips Praktis Mengontrol Pengunaan Bandwidth

Tarif internet di Indonesia yang masih cukup tinggi mengharuskan kita untuk pintar-pintar menyiasatinya agar tagihan bulanan internet kita tidak membengkak. Untuk pengguna sambungan internet berbasis waktu (time based), tentunya hal ini tidak telalu masalah karena berapapun bandwidth yang digunakan tarif per jam-nya sama saja. Lain halnya dengan pengguna sambungan internet berbasis volume (volume based), kita harus bisa mengontrol penggunaan bandwidth kita agar kita tidak membayar terlalu mahal. Selain itu, kita harus menentukan dengan cermat jenis sambungan internet yang kita pakai, apakah kita akan menggunakan sambungan internet berbasis waktu atau berbasis volume atau konten.


http://babeh.net/wp-content/uploads/2009/03/networx.gif
 
Untuk pengguna layanan internet berbasis konten (volume base), sebagian besar pengguna layanan internet seluler, saat ini tersedia sebuah software gratis yang sangat berguna untuk mengontrol penggunaan bandwidth internet anda yaitu NetWorx. Yang menarik dari software ini selain gratis dan berbagai fitur andalan yang ditawarkannya adalah software ini menawarkan versi portable sehingga apabila anda ingin mencobanya dahulu, anda bisa langsung menjalankan software ini tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.

Apa saja yang bisa anda lakukan dengan software ini?

Menurut situs resminya, dengan software ini anda bisa:
  • Mengetahui dan memonitor kecepatan koneksi internet anda
  • Mengetahui dan memonitor bandwidth internet yang anda gunakan
  • Memastikan apakah ISP anda cukup fair dalam menghitung bandwidth yang anda gunakan.
  • Mendeteksi aktivitas jaringan yang mencurigakan, misalnya trojan atau virus
  • Melakukan pengetesan jaringan sederhana seperti ping atau trace route
  • Membatasi penggunaan sambungan internet dengan menentukan batas penggunaan dan software ini akan memberitahu anda manakala batas tersebut sudah hampir tercapai atau sudah terlampaui.

Sumber : http://clickyudhaqirana.wordpress.com/2012/02/18/tips-praktis-mengontrol-pengunaan-bandwidth/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar