Jumat, 22 Februari 2013

Cara mengupgrade RAM di PC atau Laptop

Banyak orang yang bertanya bagaimana mengganti RAM Laptop yang mengalami kerusakan dengan yang baru atau mengupgrade RAM Laptop dengan yang lebih besar kapasitasnya. Mengganti RAM Laptop bukanlah hal yang sulit, namun juga harus dilakukan dengan hati-hati sebab bila salah sedikit maka slot akan mengalami kerusakan bahkan motherboard akan berkaibat fatal. Proses mengganti RAM Laptop tidak berbeda jauh dengan mengganti RAM pada PC (Pocket Computer). Perbedaanya hanya pada ukuran, dan bentuk slot yang terdapat pada Motherboard. RAM Laptop berukuran lebih kecil dibandingkan dengan RAM PC (Pocket Computer).
Ukuran RAM Laptop lebih kecil atau hampir seperdua RAM PC (Pocket Computer) sedangkan cara membuka slotnya kalau pada RAM Laptop, ditekan bagian kiri dan kanan nya kemudian RAM dimasukan, sedangan bila pada PC (Pocket Computer) slotnya ditekan atas dan bawahnya kemudian RAM dimasukan. Jika RAM pada Laptop anda mengalami kerusakan, anda dapat menggantinya dengan yang baru, namun ingat nomor seri RAM harus sama.

Ada beberapa jenis ram yaitu SOODIM, DDR 1, DDR 2 dan sekarang biasanya laptop atau notebook memakai DDR 3 RAM pada laptop acer, toshiba, HP, compact, axio, advan, zyrex, samsung, dan semua merek lainnya menggunakan memory yang sama dan beberapa diantaranya menunjukkan simbol di casing sebagai tanda tempat memory laptop tersebut.

Berikut adalah cara untuk mengganti RAM atau memory Laptop atau notebook :

1. Buka kap casing penutup RAM
2. Tekan pengunci RAM kekanan dan kekiri arah keluar Setelah kunci ditekan keluar, maka posisi   
    RAM akan naik keatas dan miring
3. Tenarik RAM nya.

Sekarang bagaimna cara memasang kembali:

1. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia dengan keadaan miring (posisi agan mengambil RAM)
2. Pastikan posisi RAM sudah pas dan mentok ke dalam slot RAM
3. Sekarang tekan RAM kebawah (seperti posisi RAM yang terkunci sebelumnya) sampai berbunyi 
    klik.

Namun cara mengupgrade RAM juga bisa dilakukan dengan menggunakan flash disk. eBoostr PRO v4.0 Build 544b Merupakan solusi alternative yang mirip dengan Vista’s ReadyBoost dan SuperFetch. eBoostr mampu menaikan kecepatan dan respon dari berbagai aplikasi hanya dengan menggunakan Flash Disk yang berperan sebagai penyedia RAM yang kosong ataupun cache memory pada PC. Jadi kita bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk bekerja dengan aplikasi yang cukup berat memerlukan sumberdaya memori PC anda. Dengan penggunaan eBoostr anda tidak harus upgrade hardware komputer anda! Software ini adalah salah satu software unik karena mampu mengubah fungsi flashdisk anda sebagai modul RAM. Jika PC anda termasuk PC ber-memory kecil anda bisa menggunakan flashdisk anda sebagai RAM tambahan eBoostr merupakan pengembangan dari ReadyBoost dan SuperFetch yang ada di windows vista. 
Software ini dibuat untuk bisa meningkatkan kapasitas memory RAM pada windows XP. Software ini dilengkapi dengan fitur smart caching agar aplikasi dan file dapat bekerja lebih maksimal. eBoostr support dengan perangkat USB dan Non Removable Media Device seperti (CF, SD/SDHC, MMC, xD memory card yang lainnya) serta dapat menggunakan memory harddisk yang kosong untuk dialokasikan sebagai cache. Perlu diingat, Perangkat USB hanya bisa berjalan cepat jika port USB pada komputer sudah versi 2.0, kalo menggunakan versi sebelumnya speednya lambat dan kecepatan prosesnya juga berkurang. Untuk penambahan perangkat USB bisa ditambah hingga 4 perangkat yang bisa dipakai untuk ruang cache sekaligus. 
Ukuran cache pada setiap perangkat bisa mencapai maksimal 4 GB, kalo memakai NTFS ukurannya tidak terbatas. Fitur utama dari “eBoostr”: Smart cache aplikasi yang sering digunakan untuk file dan mempercepat kinerja maksimum; Mendukung baik USB dan non-USB removable media Perangkat, serta tambahan hard disk. Memungkinkan hingga 4 Perangkat caching untuk simultan cerdas. Kompatibel dengan semua siap Perangkat ReadyBoost.

Berikut adalah langkah-langkah nya:

  • Langkah pertama ( Install ) 
1.Download dulu Apps nya 
2.Lakukan installasi seperti installasi software pada umumnya 
3.Restart dulu PC kamu.. 
4.Letakkan Patchnya dan jalankan di folder C:/program files/ebostr

  • Langkah kedua ( Penyettingan ) 
1.Colokkan USB Flash/MMC/M2/dll..
2.Klik Configurasi dan secara otomatis akan muncul USB flash kamu di menu eBostr 
3.Klik icon dan pilih space yang inginkan.misalnya,kalau flashdisk kamu 4GB tinggal atur saja 
   berapa ruang yang kamu donorkan ke eBostr lebih besar lebih baik. 
4.Klik Build dan tunggu beberapa detik sampai prosesnya selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar