Jumat, 01 Maret 2013

Cara Membuat Web

Cara membuat website sendiri – Halo sahabat, website merupakan halaman situs yang menyediakan informasi yang dapat diakses secara cepat dimanapun dan kapanpun asalkan terdapat koneksi internet. Sekarang ini banyak sekali jasa pembuatan website yang menawarkan jasanya dengan harga yang sangat bersaing, namun tahukah anda kita bisa membuat website sendiri secara mudah lho ? 
Untuk cara membuat website sendiri kita bisa memanfaatkan berbagai platform seperti CMS (Content Management Sysem) dimana CMS ini membantu kita dalam pembuatan sebuah website, kita bisa membuat website dalam hitungan menit dengan mengunakan CMS. Salah satu CMS yang sangat populer saat ini adalah WordPress dan Joomla tentunya masing-masing CMS mempunyai kelebihan dan kekurangan, misalnya saja CMS Joomla yang menurut saya kurang begitu SEO Friendly namun hal itu dapat ditangani dengan menginstal Extensi SEO Joomla yang dapat didownload secara gratis namun ada juga juga ektensi yang berbayar hal itu tergantung pada fitur yang didapatkan.
 
CMS Joomla dapat anda download dihalaman resminya di http://www.joomla.org sedangkan wordpress di http://www.wordpress.org. Untuk cara membuat website sendiri anda juga perlu sebuah web hosting & domain dimana web hosting merupakan tempat untuk menyimpan file-file website kita sedangkan domain merupakan sebuah alamat dari website kita seperti contoh http://www.blogger.com. Untuk menyewa Web hosting saya merekomendasikan menyewanya di MasterWeb
 
Demikian artikel singkat tentang cara membuat website sendiri semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.
Anda Sedang Mencari Cara Membuat Website ?
Hmm.. Aku yakin kalau pertannyaannya seperti ini pasti dari seorang yang masih awam pada pengetahuan internet maupun website. Tapi tidak masalah koq, pasti bisa kalo kita belajar. Aku dukung anda untuk belajar mengenai website melalui blog ini. Sebenarnya pertanyaan ini mempunyai segudang jawaban bahkan akan mengundang pertanyaan balik, Seperti:
website seperti apa yang mau anda buat? gratisan atau berbayar?
Jenis website apa yang mau anda pakai? website pribadi atau website bisnis / penjualan seperti toko online misalnya.
Tujuan apa yang anda inginkan dalam membuat website ini? hanya sekedar iseng mencurahkan isi hati atau berminat untuk mempunyai penghasilan tambahan?
Loh, memangnya bisa mas kita dapat penghasilan tambahan melalui membuat website?
haha.. kemana aja sih mas or mba ini? ya bisa lah, malah sangat sangat sangat bisa.
gimana caranya mas?
Ntar aja deh aku kasih tau, aku janji dibawah aku akan kasih infonya mengenai hal ini. Untuk sementara kita kembali ke topik awalnya dulu yaitu cara membuat website.
Yang pertama harus anda tahu mengenai cara membuat website adalah basic atau dasar-dasar pengetahuan tentang website. Dihalaman ini aku lebih mengutamakan pemahaman anda dahulu tentang sebuah website. Karena inilah hal yang sangat penting dan mendasar untuk melanjutkan ke tahap berikutnya seperti langkah-langkah dalam membuat website dan lain-lain.
Kalo anda mau lihat yang lebih detailnya bisa lihat dihalaman lain pada blog ini, intinya pahami dulu petunjuk yang aku berikan berikut ini:
 
  • MENGENAI WEBSITE ATAU BLOG GRATISAN DAN BERBAYAR
 
Kita bahas blog atau website gratisan dulu ya.
Website gratis ini disediakan oleh situs-situs besar yang di peruntukan kepada siapapun dan dari negara manapun dengan persyaratan yang mereka tentukan. Cara membuat website gratis ini sama saja seperti mendaftarkan akun pada facebook dll. Mereka memerlukan alamat email untuk mendaftar dan mengkonfirmasi akun dilangkah berikutnya.
Berbagai macam website gratis ini memiliki fitur-fiturnya masing-masing, tapi intinya hasil yang diperoleh dalam tampilan website akan memenuhi kriteria yang dibutuhkan yaitu:
Nama subdomain yang kita pilih yang menjadi alamat dari website gratis kita dimana orang akan menemukan website kita ini dengan mengetik alamat web ini pada browser atau menemukannya melalui mesin pencari seperti google, yahoo, bing, ask, aol dll.
Mempunyai sebuah judul pada setiap halaman yang membuat website terorganisir dengan baik.
Mempunyai sidebar atau tempat khusus di sebelah kiri atau kanan yang bisa digunakan untuk navigasi pengunjung.
 
Masih banyak lagi sih, tapi anda bisa lihat sendiri lengkapnya dari website yang sudah ada.
Nah yang ini membahas website berbayar.
Yang diperlukan di dalam membuat website berbayar adalah sbb:
Anda memerlukan sebuah nama domain sebagai alamat website anda. Tempat membelinya banyak tersedia di internet. Harganya berkisar Rp 89.000 sampai Rp 99.000 per tahun. Anda bisa memilih nama domain apapun sesuai kemauan anda selama nama domain tersebut belum di beli oleh orang lain.
 
Anda memerlukan sebuah hosting sebagai wadah dari nama domain anda. Disana anda bisa mengelola isi halaman kedalam nama domain anda, seperti artikel ditambah gambar ditambah video, atau apapun yang anda ingin tampilkan di nama domain anda. Mengenai harga bermacam-macam sesuai kapasitas hardisk yang anda pilih, biasanya untuk nama domain baru untuk pemula pilih saja yang kecil dulu.
Dengan kapasitas 250 Mb sampai 1 Gb biasanya berharga Rp 100.000 per tahun. Anda pun bisa memilih kapasitas yang lebih besar bahkan unlimited sesuai kebutuhan website anda. Untuk unlimited biasanya berkisar Rp 1 juta per tahun, dan ini bisa anda isi dengan banyak nama domain yang anda beli.
 
  • SEKARANG KITA BAHAS TENTANG JENIS WEBSITE
 
Jenis website baik pribadi maupun bisnis pada dasarnya sama dalam hal kebutuhan utama, seperti nama domain dan hosting yang diperlukan, yang membedakan adalah:
Desain website yang diperlukan
Untuk website pribadi anda tidak memerlukan desain yang muluk-muluk. Cukup dengan desain biasa saja webste anda sudah bisa berfungsi dengan baik.
Lain halnya dengan website bisnis, dimana anda bisa menjual produk atau jasa yang anda tawarkan, maka hal yang diperlukan adalah memberikan fasilitas order dan pembayaran di dalam halaman website anda. Dan ini memerlukan desain yang khusus.
 
  • DITINJAU DARI TUJUAN DALAM MEMBUAT WEBSITE
 
Hanya sekedar iseng untuk mencurahkan isi hati atau bahkan untuk belajar pertama kali dalam membuat website baru. Kalau anda baru mau belajar membuat website hal ini bisa dikatakan penting ga penting. Tapi apa salahnya untuk mencoba karena sepengalamanku, ketika praktek banyak sekali pengetahuan yang di dapat dalam hal membuat website, baik dari segi desain ataupun struktur website yang baik. Ini tidak mahal koq, ingat loh bahwa paling tidak anda cuma mengeluarkan Rp 200rb sampai Rp 300rb untuk setahun membayar nama domain dan hosting, ingat ya! Setahun… murah kan? Dengan begitu anda bebas melakukan apapun untuk belajar mengenai website dengan nama domain pribadi anda.
Untuk mempunyai penghasilan tambahan. Mungkin ada pertanyaan di kepala anda. “Bagaimana sebuah website bisa menghasilkan dan menjadi sumber penghasilan tambahan?” Sekarang aku kembalikan pertanyaan kepada anda, tidak pernahkah anda melihat sebuah website toko online? Tidak pernahkah anda melihat sebuah website yang banyak sekali memasang banner iklan di kanan kiri atas bawah pada sebuah halaman? Hahaha… aku yakin pasti jawabannya pernah. Sebenarnya dari situlah mereka mendapatkan sebuah penghasilan tambahan dari membuat website.
 
semoga bermanfaat !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar