Selasa, 19 Maret 2013

Kemajuan Bandwidtht dalam dunia IT

Seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi banyak hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari munculnya telepon rumah, sistem GSM, CDMA, dan mungkin yang baru booming akhir-akhir ini adalah handphone dengan teknologi yang mendukung untuk aplikasi email layaknya microsoft outlook dalam PC mupun laptop (red: Blackberry). Sebenarnya penulis tidak akan memaparkan secara panjang lebar tentang hal-hal yang telah disebutkan tadi, namun pada postingan kali ini penulis akan coba memaparkan sedikit demi sedikit tentang istilah-istilah yang akan sering kita dengar dalam dunia ICT (Information and Communication Technology). Lebih jelasnya simak di bawah ini.

Pernahkah teman-teman mendengarkan kata bandwith? Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Banyak sekali kata ini akan kita temui jika berbicara tentang teknologi komunikasi. Misalkan saja, bandwith untuk untuk download sebesar sekian kbps, atau bisa juga bandwidth sistem GSM sebesar 25 MHz, dan lain sebagainya. itu tadi adalah beberapa contoh penyebutan istilah bandwidth dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebenarnya bandwidth itu apa sih? Pada dasarnya bandwidth merupakan suatu beda frekuensi antara frekuensi cut-off atas dan juga frekuensi cut-off bawah. Trus, frekuensi cut-off tuh apa ya? Nah, yang dimaksud dengan frekuensi cut-off adalah nilai frekuensi saat daya daya turun menjadi setengah dari daya inputnya atau turun 3 dB. Untuk memperjelas maksud dari pengertian di atas, silahkan perhatikan gambar di bawah ini contoh bandwidth Dalam gambar di atas, bandwidth di notasikan dengan huruf B, di mana bandwidth (B) merupakan selisih antara fH dan fL atau B = fH – fL, kemudian frekuensi cut-off atas dinotasikan dengan fH dan frekuensi cut-off bawah dinotasikan dengan fL. Dan satuan bandwidth untuk yang satu ini menggunakan satuan Hertz. OK, sejauh ini sudah cukup jelas kan? Semoga saja… Tapi, tadi bukannya ada istilah kbps untuk menyebutkan nilai bandwidth? Oh iya, memang ada satu lagi cara untuk menyebutkan nilai bandwith dalam dunia telekomunikasi yaitu dengan bps (bit per second), bisa juga dengan kbps (kilo bps), Mbps (Mega bps), Gbps (Giga bps), dst. Sepertinya terpaksa harus menjelaskan lagi nih(hehehe…:D ). Sebenarnya cukup panjang juga kalau mau mengerti secara detail tentang penggunaan istilah ini, namun akan saya coba untuk meringkasnya. 

Bandwidth yang satu ini terkait dengan dua variabel lagi modulasi dan juga source coding. Wuih…., itu apalagi ya??? Modulasi itu pengertiannya adalah menumpangkan suatu sinyal informasi ke dalam suatu sinyal carrier. Kenapa sih harus pake menumpang segala? Gampangannya gini (jowone mulai metu, hehehe…), ibarat suatu barang yang akan dikirim dari suatu tempat ke tempat yang lain, tentu saja barang itu akan aman jika dimasukkan ke dalam mobil pengangkut barang (ex: truk, mobil box, dll) daripada barang tersebut dibiarkan menggelinding hingga ke tempat tujuan yang jaraknya cukup jauh. Nah, sepert itulah prinsip modulasi yang dimaksud dalam konteks ini. Trus, kaitan antara bandwith dengan modulasi tuh apa? sama source coding itu apa? Sabar dunk…ntar juga akan dijelasin lagi. modulasi FSK Saya jelasin source coding dulu aja ya. Source coding merupakan suatu pengkodean pada suatu sinyal informasi yang masuk ke suatu sistem pengolahan informasi. Di sini, sinyal informasi yang bersifat analog (ex: voice, video, dll) akan diubah menjadi bentuk sinyal digital biner (1 dan 0), biasanya disebut dengan istilah bit-bit biner. Untuk lebih jelasnya bisa baca-baca lagi atau tanya ke mbah google aja. Sejauh ini sudah cukup jelas kan? Nah, akan coba saya gabungkan beberapa istilah yang sudah disebutkan di sebelumnya. Setelah sinyal informasi berubah menjadi bit-bit biner, maka sinyal tersebut memerlukan suatu modulasi agar sinyal informasi tersebut selamat saat dikirimkan ke tempat tujuan yang jaraknya cukup jauh. Ditumpangkanlah sinyal informasi tersebut ke suatu sinyal carrier dengan beragam cara modulasi (FSK, PSK, MSK, APK, dll) untuk menjaga agar sinyal informasi tersebut tetap utuh hingga ke tujuan akhir. Dalam proses modulasi tersebut ada mekanisme di mana bit-bit tersebut direpresentasikan menjadi suatu simbol tertentu yang bertujuan untuk mengefektifkan dan memperbesar nilai bandwidth saat pengiriman tersebut. Misalkan saja untuk modulasi QPSK, dua bit dapat direpresentasikan menjadi suatu phasa tertentu, atau FSK dimana satu frekuensi merepresentasikan satu bit, dan lain sebagainya. 

Sehingga bandwidth dalam konteks ini adalah banyaknya data / bit biner yang dapat dikirimkan tiap detiknya, atau kalau dibuat notasinya menjadi B = fc x L, di mana fc merupakan frekuensi carrier sinyal dan juga L merupakan banyaknya bit yang dapat direpresentasikan dalam satu simbol. Saya rasa cukup untuk kali ini semoga bisa menambah wawasan teman-teman mengenai istilah-istilah dalam dunia telekomunikasi dan juga perkembangannya. Jika kurang jelas, saya sarankan teman-teman meminta wejangan ke mbah google atau bertanya pada orang terdekat yang mengerti. http://faviandewanta.wordpress.com/2009/05/26/pengertian-bandwidth-dalam-dunia-ict/ Sering kita mendengar istilah Bandwidth ini berkali, bahkan mungkin uda ga asing lagi bagi telinga kita. Tapi pertanyaannya, apa kita sudah tau apa pengertian bandwidth?? Kalo belum, klik Pengertian Bandwidth dulu lahh. Nah, sekarang yang akan kita bahas adalah macam-macam bandwidth. yang pertama adalah: Digital Bandwidth Digital Bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi. Analog Bandwith Analog Bandwidth Sedangkan analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransimisikan dalam satu saat. Bandwidth Komputer Bandwidth Komputer Di dalam jaringan Komputer, Bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai Bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. 

Secara umum, koneksi dengan Bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation. http://cybercamp-ku.blogspot.com/2010/05/macam-macam-bandwidth.html Memperkuat Sinyal dan nyolong Bandwidth Wifi Wireless Wizard adalah software yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas sinyal yang diterima laptop dari wifi. Hal ini perlu dilakukan jika Kalian saat berselancar menggunakan koneksi wifi, tapi mendapatkan koneksi sinyal yang jelek atau terlalu sedikit. Sehinggal koneksi wifi menjadi tidak stabil, seperti kata pepatah, “hidup segan mati tak mau.” Nah, pada saat itulah software ini berguna untuk memaksimalkan koneksi wifi kalian yang ogah-ogahan. Adapun fitur utama dari program aplikasi ini adalah: Show Network Info: Menampilkan detail informasi mengenai wireless network yang sedang terkoneksi dengan komputer Spectrum Analyzer: Fitur yang melakukan analisis terhadap koneksi wifi yang ada agar mampu digunakan dengan maksimal Aim Wireless Adapter: Fitur ini akan menyarankan Anda dimana Anda harus berada atau bertempat agar sinyal benar-benar dapat diterima laptop secara optimal. Repair IP: Fitur ini secara otomatis akan memberikan Anda sebuah IP klien dan perbaikan IP jika terjadi IP Conflict Set IP: Berfungsi untuk menampilkan spesifikasi alamat IP untuk komputer The Wireless Wizard improves the performance and reliability of any WiFi, LTE, WiMAX, 3G, or 2G wireless networks. It allows you to aim your wireless adapter, measure network performance and quickly identify and fix broadband problems. The Wizard includes a Wi-Fi analyzer to easily identify the best channel and resolve interference issues. 

The Wireless Wizard works with your home or business network as well as all leading broadband providers including Verizon, Vodafone, AT&T, T-Mobile, Sprint, MetroPCS, Clearwire, Comcast, Charter, Orange, NTT, Telenor, UQ, AzulStar and more. You can add your own wireless networks and the Wizard will recognize them the next time you or anyone connects to that network. The Wizard is very light weight and does not modify any drivers so it can be used with any wireless adapter. Ada satu pertanyaannya seperti ini ”Bagaimana sieh Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop ?” Itulah pertanyaannya dan jawabannya yang paling gampang yaitu dengan membeli wifi card seperti (Senao Engenius EXT362 ) yang di pasang di Internal Laptop. Senao Engenius EXT362 ini merupakan yang paling bagus dan harganya sekitar Rp. 250 rb. Jika sedang tidak ada duit dan ingin gratisan Caranya yaitu men-Download Aplikasi Wireless Wizard Ver 5.2 hasilnya sama saja dengan Senao, bedanya software ini gratis, sehingga duit yang ada bisa untuk membeli kebutuhan lain… Aplikasi ini cocok untuk sistim operasi Windows NT/98/Me/2000/XP/Vista/ Maling Bandwidth Saat kita berada di area umum atau area yang ada wifinya kemudian lagi asyik berselancar seperti browsing, chatting atau ngedonlod, tapi secara tiba-tiba, aktifitas yang sedang kita lakukan berhenti total. 

Padahal batere dan sinyal full, bingungkan ? Mungkin saja ada teman atau orang yang mencuri bandwidth kita. sehingga jatah bandwidth kita habis. Pencurian bandwith dengan memutuskan koneksi secara teoritis sangat manjur untuk meningkatkan kecepatan akses internet, misalnya sebuah jaringan wifi dari telkom speedy 100 Kb/s dan akan dibagi kepada 10 pengguna, maka masing-masing pengguna akan memperoleh jatah 10 Kb/s (dengan asumsi semua pengguna online). Dengan Netcut, maka kita bisa memutuskan koneksi ke 9 pengguna yang lain (atau mematikan sebagian sekedar menjailin teman yang lagi asyik chatting) maka jatah 100 Kb/s akan menjadi milik sendiri, dan koneksi teman yg kita putus, hanya bisa manyun..hehehe, enaak to ? Anti maling Bandwidth Lalu bagimana jika kita sendiri yang dijahili oleh teman ?, jangan kuatir, ada anti jahilnya..hahahaha, Aplikasi ini akan mereset ulang serangan aplikasi maling bandwidth yang dikirim oleh orang yang tak dikenal atau dari teman sendiri. Itulah pernak pernik dalam berselancar di Dunia Maya… Disini, oyin hanya ingin berbagi saja, tidak ada maksud untuk mengajari hal-hal yang buruk. 

Selebihnya tergantung pada kalian semua. Mau digunakan untuk kebaikan ataukah kejahatan. Ok nggak usah panjang lebar bagi yang berminat silahkan sedot langsung dari TKP. Untuk wireless Wizard klik disini besarnya file 2.92MB Untuk maling bandwidth ada dua versi softwarenya yaitu untuk Windows XP klik disini besarnya file 1.8 MB dan untuk Windows 7 klik disini besarnya file 2.6 MB Sedangkan untuk anti NetCut silahkan klik disini besarnya file 2.2 MB.

semoga bermanfaat !!! TERIMA KASIIIIIHHHH 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar