Selasa, 26 Januari 2016

Membuat Blog Berita Populer Pada CMS Formulasi

Bagi temen-temen pecinta blog maupun web blog yang telah mengenal CMS Formulasi disana terdapat satu kekurangan mengenai blok atau widget pada blogspot berupa blok untuk menampilkan artikel atau berita-berita yang paling banyak dibaca (populer).
Berikut ini ruumit akan sedikit berbagi tentang cara membuat blok Berita Populer pada cms formulasi. Oh iya perlu diketahui juga bahwa dalam membuat blok berita populer ini nanti akan menambah satu buah Kolom di dalam Tabel Berita bernama "hits". Ini dikarenakan pada tabel berita belum ada kolom untuk hits tersebut. Kolom ini berguna sebagai tempat menyimpan berapa banyak artikel tersebut diklik (baca : dibaca).
Berikut tutorialnya :


  1. Pertama silahkan download semua file yang terkait dengan blok berita populer pada link berikut :
  2. Download blok berita populer
  3. Setelah di download kemudian silahkan diekstrak menggunakan winrar. maka akan temen-temen dapati 3 buah file. berita_populer.php, berita_populer.jpg, dan detberita.php
  4. File pertama [berita_populer.php] merupakan blok yang harus temen-temen tempatkan di direktori ../kontenweb/blok/berita_populer.php
  5. Letakan file berita_populer.jpg didalam direktori ../file/tema/tema_yang_digunakan/css/img/berita_populer.jpg. Atau silahkan dirubah bentuk picturenya sesuai yang dikehendaki.
  6. Selanjutnya adalah kita buka terlebih dahulu direktori Modul yang berada di Kontenweb. [ ../kontenweb/modul/ ] dan temukan file detberita.php. silahkan direname dahulu sebagai backup-an . misalnya menjadi detberita_bck.php.

Kemudian uploadlah atau letakkan file hasil download yaitu detberita.php di direktori tersebut. ../kontenweb/modul/detberita.php

Langkah-langkah menempatkan file sudah selesai, selanjutnya kita tinggal install bloknya, yaitu dengan cara install blok seperti biasa. Udah bisa khan cara instal blok pada cms formulasi ?
Kalau belum berikut sedikit tutorialnya :
 
1. Masuk ke Adminpanel temen-temen
2. Klik Adminpanel, lalu klik menu Setting, dan pilih Blok

3. Selanjutnya klik tombol Install
isilah nama blok : Berita Populer,  File Blok : kontenweb/blok/berita_populer.php, Posisi : Kiri atau Kanan (silahkan disesuaikan), Status : Aktif, kemudian klik tombol "Tambahkan"

4. Selesai, silahkan refresh browser temen-temen maka blok Berita Populer sudah tercipta.

Blok ini menampilkan jumlah hits/klik pada setiap artikel/berita. Walaupun di klik dari IP yang sama maka tetap ditambahkan jumlah hits nya. Intinya, semakin banyak di klik dengan asumsi semakin banyak dibaca dan bertambah terus jumlah hits nya.

Demikian tutorial untuk membuat blok berita populer pada cms formulasi, semoga bermanfaat.
sumber : Ada disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar