Selasa, 26 Januari 2016

Tutorial Merubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil Pada MS EXCEL Dengan Rumus Proper

Bagi kita yang sering menggunakan aplikasi office excel untuk berbagai kebutuhan tentu saja akan terasa sedikit kesal apabila setelah kita menulis data yang banyak dalam huruf besar harus dirubah menjadi huruf kecil semua.
Berbeda dengan Ms Word yang terdapat perintah Change Case untuk merubahnya dengan cepat, pada Ms Excel tidak terdapat perintah tersebut.

Nah.... kali ini ruumit akan sedikit berbagi tips bagaimana merubah huruf besar menjadi huruf kecil dengan cepat pada ms Excel. Oya, di sini panduan saya buat menggunakan Office 2007, semoga juga sama untuk versi yang lain 2010 dan 2013.
Seperti terlihat pada gambar di atas, kalau cuma beberapa data sih gak masalah dirubah manual, namun jika  jumlah datanya puluhan, ratusan, bahkan ribuan, maka sungguh akan sangat melelahkan.

1. Pada kolom nama terlihat huruf besar semua, pertama-tama tambahkan satu kolom kosong di sebelah kolm nama (insert columns). Terlihat seperti gambar di bawah ini.
2. Silahkan tulis rumusnya pada baris pertama kolom baru, =PROPER(TEXT). Text ini maksudnya teks yang akan kita rubah, yaitu ditandai dengan alamat cell. misalnya alamat cell E6 kemudian tutup kurung.
3. Selanjutnya tekan Enter, dan teks pun sudah berubah menjadi kecil.
4. Setelah menjadi kecil, maka kita tinggal meng-copy rumus tersebut untuk teks-teks di bawahnya.
5. Apabila teks sudah berubah menjadi kecil semua, langkah selanjutnya kita copy kan teks tersebut ke dalam kolom Nama yang masih berupa huruf besar. Yaitu dengan cara, Blok semua teks kecil nya dan klik copy.
6. Kemudian untuk paste nya kita gunakan PASTE SPECIAL, yaitu kita klik dahulu pada baris pertama di kolom Nama yang masih huruf Besar, kemudian klik kanan dan pilih Paste Special
7. maka akan muncul kotak dialog paste special, dan silahkan pilih Values pada pilihan paste kemudian klik OK

8. Selesai, teks yang tadinya huruf besar sudah berubah menjadi kecil semua. Lalu kita tinggal Delete saja kolom tambahan yang tadi digunakan untuk memasukkan rumus.

Semoga bermanfaat ...!!
sumber : Ada Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar