Selasa, 19 Februari 2013

Tips Cara Merawat Komputer


Komputer adalah alat yang sangat di perlukan dalam mengerjakan segala tugas khusus nya bagi mahasiswa, hal yang harus diperhatikan dalam mempergunakan komputer agar tidak cepat rusak yaitu dengan melakukan tips tips dibawah ini :



  1. Kebersihan Komputer : Kita harus sering memperhatikan kebersihan khususnya di Bagian luar komputer seperti casing, monitor, keyboard, mouse dan lain-lain harus Anda bersihkan secara rutin. Gunakanlah lap halus dan cairan khusus, Anda bisa meminta bimbingan kepada yang lebih ahli untuk meyakinkan cara Anda membersihkan benar. Untuk bagian dalam seperti motherboard, power supply, dan lain-lain gunakanlah sikat atau kuas untuk membersihkannya. Hindarilah makan atau minum di depan komputer.
  2. Uninstall atau buang program yang tidak berguna : Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Biasanya akan muncul warning juga space hardisk kita sudah penuh. System operasi windows sudah mendukung akan hal yang seperti ini.
  3. Gunkan anti virus yang slalu ter updatevirus adalah salah satu sebab rusaknya software atau bahkan sistem operasi di komputer, dan virus pula yang banyak di takuti oleh pengguna komputer awam, mereka menganggap virus merupakan momok yang menakutkan, dapat saya katakan demikian karena beberapa teman saya (tentunya baru mengenal komputer ) sangat takut dengan virus yang mengerang komputernya, memang pendapat mereka ada benarnya, sedangkan untuk mengantisipasi virus yang mengerang komputer, kita bisa memasang anti virus di komputer kita, sekarang ada banyak anti virus gratis yang dapat kita pilih, yang terpenting jika kita menggunkan anti virus adalah kita harus selalu meng updatenya setiap kali anti virus yang kita gunakan telah mengupdate data base dan engginenya, atau anda juga bisa melakukan update satu bulan sekali.
  4. Suhu Komputer Suhu komputer terutama suhu processor haruslah dalam keadaan dingin atau stabil bila Anda menggunakan komputer cukup lama. Untuk menjaga suhu tersebut bila perlu tambahkan kipas pendingin atau blower atau colling fan.
  5. Aktifkan Screensaver : Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Itu dia Cara Tips Mudah Merawat Komputer Agar Awet , semoga bermanfaat buat menjaga kesehatan komputer Anda !!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar